Jumat, 09 Juli 2010

SITUS GOSARI-UJUNG PANGKAH-GRESIK

SITUS GOSARI-UJUNG PANGKAH-GRESIK



Situs Gosari terletak di Desa Gosari, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. Ditemukannya situs Gosari berawal dari informasi yang diperoleh Puslitbang Arkenas, Jakarta mengenai adanya tulisan pada batu dinding gunung kapur. Dalam peninjauan selanjutnya sebuah tim peneliti tidak hanya menemukan tulisan dimaksud, tapi juga menemukan sebuah lokasi yang padat dengan pecahan tembikar. Situs ini dimungkinkan sebagai tempat produksi gerabah. Situs ini teungkap ketika penduduk Desa Gosari bermaksud untuk menggunakan tempat ini sebagai lapangan sepak bola. Bahkan perataan lahan sudah dilakukan dengan alat berat.

Di situs ini ditemukan rangka manusia, tembikar, keramik, dan mata uang yang diketahui berasal dari abad ke-12 sampai 14 M. Jenis tembikar yang dikenali antara lain kendi bercerat (biasanya disebut kendi zaman Majapahit), botol mercury, celengan, teko, periuk, dan cawan. adapun jenis keramik yang ditemukan kebanyakan berasal dari Cina masa Dinasti Song abad ke-12-13 M, Yuan abad ke-13-14 M, dan Ming-Qing abad ke-15-18 M. Juga ditemukan keramik dari abad ke-14 sampai 20-an dari Cina, Thailand, Vietnam, dan Belanda.

Apabila dilihat dari jumlah dan kualitas keramik menunjukkan bahwa keberadaan barang-barang ini sebagai perabot harian tentunya juga berhubungan dengan jaringan perdagangan pada masa itu.

Dari penggalian penduduk ditemukan juga kepeng (uang) Cina berlubang segi empat dibagian tengah, dimungkinkan berasal dari Dinasti Song abad ke-12 M. kepeng ini ditemukan utuh. Kepeng-kepeng ini ada yang saling menempel pada saat ditemukan. Selain itu juga ditemukan benda-benda lainnya berupa sisa kerang mungkin sisa bekas makanan, tulang kerbau dan gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar